Friday 4 September 2015

LAPORAN OBERVASI PRAKTEK LAPANGAN PENDIDIKAN

LAPORAN OBSERVASI PRAKTEK PENGALAMAN
LAPANGAN PENDIDIKAN

Diajukan sebagai salah satu syarat dalam mengikuti mata kuliah
Praktek Lapangan Pendidikan


Oleh:
Nama                          : Rasidik Kamseno
NIM / BP                    : 11668/ 2009
Prodi                           : Teknologi Pendidikan
Guru Pamong            : Sri Rahmayanti S.Kom
Dosen Pembimbing   : Novrianti S.Pd M.Pd
Sekolah Latihan        : SMA N 4 Solok





KURIULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2012



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Guru merupakan tenaga kependidikan yang berperan dalam mengembangkan sumber daya manusia. Guru merupakan salah satu unsur penting dalam bidang pendidikan peran dan tanggung jawab guru sangat menentukan dalam pencapaian keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Guru dalam bidang pendidikan tidak hanya berkewajiban untuk melaksanakan proses pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran bidang studi yang menjadi tanggung jawabnya, tetapi seorang guru harus mendidik siswa secara keseluruhan demi mencapai tujuan penyelenggaraan pendidikan disetiap lembaga pendidikan dan untuk mencapai tujuan penyelenggaraan pendidikan di Indonesia pada umumnya yang dikenal dengan pendidikan nasional.
Dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional ini, sebagai seorang calon guru sewajarnya dapat menempatkan diri dilingkungan pendidikan pada dasarnya suatu siklus proses belajar mengajar akan di dapatkan mulai dari observasi refleksi dan perencanaan berdasarkan hal ini, mahasiswa kependidikan sebagai calon guru haruslah terjun langsung ke lapangan untuk menerapkan pengalaman yang diharapkan sebagai bekal untuk terjun kemasyarakat nantinya, karena kehidupan masyarakat berbeda dengan kehidupan kampus.
Oleh karena itu, Universitas Negeri Padang sebagai salah satu lembaga pendidikan tenaga pendidikan (LPTK) yang akan menghasilkan tenaga-tenaga pendidik, mengadakan suatu mata kuliah praktek kependidikan (PLK)  yang diwajibkan untuk seluruh mahaiswa kependidikan.
Praktek lapangan kependidikan ini dikelola langsung oleh unit pelayanan praktek lapangan (UPPL) Universitas Negeri Padang yang dilangsungkan setiap semesternya. Dalam pelaksanaannya UPPL mendistribusikan mahasiswa kependidikan ke sekolah-sekolah yang ada di Sumatra Barat. Untuk pemantauan pelaksanaan UPPL menempatkan seorang dosen pembimbing untuk setiap sekolah dan setiap mahasiswa juga mempunyai dosen pembimbing sesuai dengan jurusannya masing-masing. Praktek lapangan pada semester Juli - Desember 2012 dilaksanakan mulai tanggal 4 September sampai tanggal 17 Desember 2012, sesuai proses mengajar diatas maka untuk satu minggu pertama praktek lapangan pendidikan diadakan observasi dan oreantasi di sekolah latihan.
Pelaksanaan observasi dibagi atas dua bagian yaitu observasi fisik sekolah dan observasi non fisik (kegiatan belajar mengajar). Observasi lingkungan sekolah bertujuan untuk mengenal lebih dekat keadaan dan kondisi sarana dan prasarana ataupun seluruh masyarakat sekolah yang terkait langsung dengan sekolah sehingga diharapkan seorang dapat meyesuaikan diri, interaksi dan luwes dalam melakukan proses belajar mengajar nantinya observasi fisik sekolah dilakukan dengan peninjauan secara langsung termasuk wawancara dengan masyarakat sekolah seperti : kepala sekolah, majelis guru, pegawai perpustakaan, tata usaha, dan lain-lain. Observasi  non fisik (kegiatan belajar mengajar) bertujuan untuk membantu mahasiswa calon guru dalam menghadapi kelas dan mewujudkan calon guru berinteraksi dengan siswanya.

B.     Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan laporan observasi ini adalah untuk memenuhi persyaratan dalam mata kuliah program pengalaman lapangan (PPL) kependidikan di Universitas Negeri Padang semester Juli – September 2012, dan sebagai bukti bahwa mahasiswa calon guru telah melakukan observasi di sekolah latihannya

C.    Tempat dan Waktu
1.      Waktu
PPL dilakukan selama 1 semester yaitu pada periode Juli – Desember 2012 dari tanggal 4 September  – 17 Desember 2012.
2.      Tempat.
Kegiatan PPL dilakukan di SMA Negeri 4 kota Solok.

Alamat Sekolah: Jl. Syahbaran No. 5 Ampang Kualo – Laing Kel. Nan Balimo. Kec. Tanjung Harapan, Kota Solok.



 

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Observasi Pengenalan Lapangan dan Lingkungan.
  1. Sejarah Ringkas SMA Negeri 4 Solok
SMA Negeri 4 kota solok berdiri pada tahun 2000 yang merupakan rencana SMA unggul provinsi sumatra barat. Karena adanya beberapa kendala, sekolah ini di beri nama menjadi sma negeri 4 kota solok yang di kelola oleh pemerintah kota solok. Sekolah yang berlokasi di jalan syahbaran – ampang kualo kecamatan kota tanjung harapan kota solok, memiliki luas tanah lebih kurang 2 hektar.
  1. Visi SMAN 4 Kota Solok
Menciptakan insan pendidikan berkarakter, cerdas dan kompetitif
.
  1. Keadaan Fisik Sekolah
SMAN 4 Solok terletak di Jl. Syahbaran No. 5 Ampang Kualo-Laing. Kel. Nan Balimo. Kec. Tanjung Harapan,Kota Solok. No.Telp (0755) 7703021. Pada tahun 2012 / 2013, jumlah rombel pada SMA 4 Solok direncanakan sebanyak 17 rombel, namun jumlah ruangan pada SMA Negeri 4 Soloknbaru memiliki 16 lokal. Kekurangan 1 lokal belajar memanfaatkan laboratorium IPA.
Ruang penunjang di SMA Negeri 4 Solok terdiri dari : 1 labor IPA, 1 ruang komputer, 1 perputakaan, 1 ruang guru, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang tata usaha, 1 ruang Tata usaha, 1 ruang Wakil Kepala sekolah, 1 ruang BK, 1 ruang UKS, 1 Mushola, 10 unit WC dan 1 ruang penjaga sekolah.
Peralatan yang dimiliki yaitu 1 set alat labor IPA, 20 unit komputer untuk pembelajaran, 5 unit komputer untuk administrasi, 3 buah printer, 3 unit infokus, 1 unit mesin stensil, 6 unit laptop. Sementara perpustakaan memiliki lebih kurang 505 judul buku dengan rincian : 115 buku pelajaran, 116 pegangan guru dan 273 buku referensi.  


 Jumlah kelas
Terdiri dari 18 kelas dengan rincian
[[[[[[[[
Kelas
Jumlah
X
6
XI IPA
3
XI IPS
3
XII IPA
2
XII IPS
4

Setiap ruang dilengkapi dengan ± 40  kursi dan meja, dilengkapi dengan 1 buah papan white board, di depan kelas, selain itu terdapat sebuah absensi, jam dinding, daftar piket, batas pelajaran dan berbagai jenis pajangan dinding hasil karya siswa.
Jadwal mengajar
Hari
Jam
Lokal
Senin

XII IPS1
XII IPS 3
Rabu

XII IPA 1

Jadwal Piket
Hari
Tempat
Waktu
Senin
Selasa
Jumat
Sabtu
PBM
07.30 – 13.45



No comments:

Post a Comment