Monday 3 August 2015

Cara Untuk Menyikapi Perkembangan Era Informasi Teknologi dan Komunikasi Dengan Bijak



Arus globalisasi atau Perkembangan zaman sangatlah cepat, dapat kita lihat dan rasakan bagaimana perbedaan Budaya,  Ekonomi, Sosial, Lingkungan dan terutama sekali adalah perkembangan di bidang Informasi Teknologi dan komunikasi (IT) yang sangat jauh perbedaannya antara zaman dahulu dengan sekarang. Tanpa kita sadari kita sudah berada di zaman yang serba canggih dan modern, jadi tugas kita sekarang adalah bagaimana kita menanggapi segala perubahan tersebut dengan bijak dan tepat.
Disini saya akan memcoba membahas tentang bagaimana cara sikap dan perilaku  kita menghadapi  perkembangan dunia Informasi Teknologi dan Komunikasi (IT) tersebut. Namun sebelumnya saya akan mencoba menjabarkan sedikit tentang dampak positif dan negatif dari perkembangan Informasi Teknologi dan Komunikasi (IT)terlebih dahulu adalah :

1.     Dampak positif
A.   Memperdekat jarak dan waktu, contohnya : dengan adanya kendaraan transpotasi jarak antara satu kota dengan dengan tempat lainya akan semakin dekat, dahulu jika penduduk di kota Padang ingin pergi ke ibu kota Jakarta harus menempuh perjalan berhari-hari namun sekarang dengan adanya pesawat terbang waktu yang di butuhkan hanya 2 jam saja untuk sampai ke Jakarta.
B.   Mudahnya mendapatkan informasi, Dengan adanya internet semua informasi yang ada di dunia bisa kita dapatkan dengan hitungan detik saja.
C.   Mempermudah pekerjaan manusia, Jika pada zaman dahulu kita memasak, mencuci dilakukan secara manual (tangan) namun sekarang kita bisa duduk santai sambil menonton televisi nasi dan cucian kita sudah selesai di kerjakan.dan masih banyak lagi mamfaat yang dapat kita rasakan dari perkembangan teknologi dan informasi.

2. Dampak negatif.
A.   Membuat manusia semakin malas, Karena banyaknya alat-alat teknologi yang dapat mmbantu pekerjaan manusia, banyak yang menjadikan manusia semakin pemalas.
B.   Menjadikan manusia individualis, Dengan menggunakan gadget banyak orang tanpa mereka sadari mereka menjadi manusia yang individual. Di saat mereka berkumpul bersama teman maupun keluarga namun mereka sibuk menggunakan gadget mereka tanpa mempedulikan orang di sekeliling mereka.
C.   Sering terjadi penipuan dan kekerasan, Penipuan banyak sekali macamnya, penipuan berkedok sms, telp yang di iming-imingi hadiah. Penipuan PIN ATM, penipuan di dunia maya yang berujung maut dan kematian.
D.   Perampasan hak cipta (pembajakan), Banyak hak  cipta yang di ambil tanpa se izin penciptanya, contoh : hak cipta lagu, sekarang sangat mudah sekali mendownload lagu di internet dan mengcopy ke dalam media berbentuk apapun. Apabila lagu itu hanya di pakai secara pribadi maka hal itu biasa saja namun apabila kita kembali memperjual belikan tanpa se izin pencipta berarti kita telah melanggar hak cipta.

Itu lah beberapa dampak positif dan negatif dari perkembangan Informasi Teknologi dan Komunikasi, langsung saja saya masuk kepada bagaimana cara kita untuk menyikapi perkembangan era Informasi Teknologi dan Komunikasi.

1.     Gunakanlah segala peralatan Informasi Teknologi Dan Komunikasi dengan positif.
Jangan lah anda menggunakan dengan tujuan menipu, kejahatan dan perbuatan yang dilarang oleh Undang-undang lainya.
2.     Jangan sampai ketergantungan
Banyak sekali peralatan informasi teknologi dan komunikasi yang memanjakan penggunanya. Jangan sampai apabila salah satu barang tidak ada lagi akan memperkurang produktifitas kita.
3.     Berilah batasan dan penjagaan
Bagi orang tua berilah batasan dan penjagaan kepada anak dalam menggunakan peralatan informasi teknologi dan komunikasi karena pada peralatan tersebut banyak sekali yang belum sesuai dengan kebutuhan dan umur anak kita.

Demikianlah beberapa cara menyikapi era perkembangan Informasi Teknologi dan Komunikasi secara bijak, mudah-mudahan kita bisa mengatasi dan memamfaatkan semua perkembangan yang ada sesuai pada tempatnya.

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya dan semoga bermamfaat...😊

No comments:

Post a Comment