Wednesday 29 July 2015

Tips Menghemat Daya Baterai Smartphone


HP atau handphone khususnya smartphone yang ada dipasaran saat ini sebagian besar sudah disertai dengan kapasitas baterai yang besar, akan tetapi rasanya masih saja banyak yang merasa belum puas dengan smartphonenya, resiko baterai habis saat berada di perjalanan pun masih tetap terbuka. Pastinya kehabisan baterai itu sesuatu yang tidak nyaman, apalagi terjadinya di momen-monen penting, seperti di tengah jalan. Namun sebenarnya ada cara yang bisa dimaksimalkan pada smartphone agar baterai lebih hemat.
Sebelum masuk ke tips cara menghemat baterai smartphone yang patut kita lihat itu apa saja sih yang cenderung membuat baterai pada smartphone anda cepat habis. Salah satu contoh paling baik penghabisan baterai smartphone anda adalah ketika aplikasi ponsel selalu tersambung dengan jaringan internet untuk sekedar mengupdate atau menerima notifikasi ketika anda menggunakannya. Tentunya dampak dari selalu terkoneksinya aplikasi tersebut menjadikan baterai ponsel cepat habis meskipun kita jarang dalam memakainya.
Berikut ini adalah beberapa cara yang cukup mudah dilakukan agar Anda bisa menghemat daya baterai yang saya rangkum dari berbagai sumber.
  1. Mengatur tingkat kecerahan layar                                                                                                                                 Fasilitas layar pada smartphone mempengaruhi efektifitas dalam penggunaan baterai. Layar dengan tingkat kecerahan tinggi memiliki andil yang besar dalam penggunaan daya karena menghasilkan layar yang sangat terang. Untuk itu ketika anda membutuhkan baterai dengan daya tahan yang lama anda dapat mengubah tingkat kecerahan layar menjadi tidak terlalu terang. Sedangkan untuk menambah waktu stand by smartphone layar dirubah menjadi redup saja yang kebutuhan dayanya tidak besar. baterai smartphone dengan mengatur tingkat kecerahan layar ini adalah hal yang harus diperhatikan jika anda memang menginginkan gadget anda awet.
  2. Menutup aplikasi yang tidak terpakai                                                                                                             Membuka banyak aplikasi secara bersamaan adalah salah satu penyebab utama baterai cepat habis, oleh sebab itu, tutuplah semua aplikasi yang sudah tidak dipakai atau sudah tidak diperlukan lagi.
  3. Matikan GPS                                                                                                                                                                    Fasilitas GPS ini sangat membantu dalam perjalanan karena bisa membantu Anda mengetahui lokasi dan bisa menunjukan navigasi arah pada saat anda berada diperjalanan yang jauh. GPS memang berguna namun fitur ini menguras sumber daya baterai sangat banyak. Jadi sebisa mungkin kurangi penggunaan GPS, khususnya pada saat tidak dibutuhkan, misal pada saat Anda berada di tol yang sangat panjang, Anda bisa mematikan fitur ini sementara, atau pada saat menyeberang dengan kapal laut ataupun pesawat.
  4. WIFI Priority                                                                                                                                                                       Cara menghemat baterai smartphone yang harus anda perhatikan adalah masalah koneksi! Tidak stabilnya pancaran sinyal data 3G dari smartphone akan menjadikan smartphone kita harus terus mencari pancaran sinyal yang terbaik dimana pun anda mengaktifkannya. Oleh karena itu untuk menghemat penggunaaan baterai sebaiknya ketika sedang berada pada lokasi HotSpot disarankan untuk mematikan akses seluler terlebih dahulu dengan menyambungkan smartphone dengan jaringan Wi-Fi yang tersedia. Sekarang ini tempat-tempat yang menyediakan akses Wi-FI menjamur mulai dari rumah, kantor, kampus, ataupun pusat perbelanjaan maka segera alihkan koneksi menuju jaringan Wi-Fi yang dimana memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan stabil sehingga smartphone hanya akan menghabiskan waktu yang lebih singkat untuk load ketika anda sedang browsing atau menggunakan aplikasi-aplikasi yang selalu terkoneksi dengan internet. Sehingga cara menghemat baterai smartphone dengan merubah koneksi ini sangat patutlah untuk dipraktekkan.
  5. Kurangi "streaming"                                                                                                                                                                  Ingin mendengarkan musik atau menonton video? Jika ya, sebaiknya simpan kedua jenis data tersebut di media penyimpanan yang ada. Kurangi kegiatan streaming apabila tidak ingin baterai habis dengan cepat. Menonton video atau mendengarkan musik via YouTube memang menyenangkan, tetapi kegiatan ini akan "memaksa" sistem ponsel terus bekerja dan akhirnya membuat baterai cepat habis.  
Demikianlah sedikit Tips menghemat Daya Baterai Smartphone dari saya, semoga bermamfaat...!!!

No comments:

Post a Comment