Monday 10 August 2015

6 Tips Sebelum Interview Kerja


Tingkat kecerdasasn setiap manusia berbeda-beda, ada manusia yang memiliki tingkat kecerdasan (IQ) tinggi, sedang dan rendah. Namun dalam dunia kerja bukan hanya tingkat kecerdasan saja yang akan menjadi nilai bagi seorang pimpinan perusahaan dalam merekrut karyawan untuk dipekerjakan di perusahaan mereka. Selain tingkat kecerdasan faktor lain yang menjadi pertimbangan adalah performa dan kecakapan seseorang.

Pada saat proses perekrutan karyawan baru tentu kita melalui beberapa tahap penyeleksian, mulai dari memasukan berkas lamaran sampai kepada tahap penandatangan surat perjanjian kerja. Disini saya mencoba memberi sedikit tips tentang persiapan menghadapi tes interview kerja.

1.      Survey lokasi
Sebelum anda melakukan tes interview sebaiknya anda mencari tahu dimana lokasi tempat interview itu dilaksanakan agar anda tidak salah tempat maupun terlambat datang.
2.      Berpakaian formal.
Gunakanlah pakaian yang rapi, bersih dan formal agar panitia recruitment terkesan dengan penampilan anda
3.      Persiapkan jawaban untuk wawancara
Agar anda tidak terlihat gugup dan percaya diri dalam menjawab pertanyaan interview anda harus mempersiapkan jawaban terlebih dahulu, dengan cara mencari referensi-referensi seputar pertanyaan interview.
4.      Cari tahu profil perusahaan
Mengetahui tentang profil dan background perusahaan tempat anda interview akan menjadi nilai tambah bagi anda karena pada umumnya pada awal interview biasanya petugas interview menyuruh kita menceritakan profil kita dan apa yang kita ketahui tentang perusahaan mereka.
5.      Tetap tenang
Usahakan anda tetap tenang dalam menjawab pertanyaan interview, apabila nada kurang paham tentang pertanyaan atau perintah pewawancara mohon minta penjelasan sekali lagi.
6.      Bersikap sopan
Tata karma dan kesopanan dalam wawancara juga perlu di perhatikan, hal yang Pertama adalah mengetuk pintu sebelum anda memasuki ruangan wawancara. Kedua sapa dan jabatlah tangan pewawancara sebelum dan sesudah interview Ketiga ucapkan terima terima kasih.


Demikianlah beberapa tips sebelum anda melakukan interview kerja, semoga bermamfaat dan anda lulus dalam tes interview.. . .

Good luck


No comments:

Post a Comment